26.1 C
Kuala Lumpur
Sunday, February 5, 2023
spot_img

3 Perkara yang Membuat Seseorang Bangkrut di Akhirat, Nomor 1 Sering Terjadi

loading…

Setiap orang yang berbisnis pasti tak ingin merugi, apalagi mengalami kebangkrutan. Selain menderita kerugian besar, orang yang bangkrut akan kehilangan hartanya dan jatuh miskin.

Bagaimana jika seseorang mengalami bangkrut di Akhirat kelak? Bangkrut pada hari tersebut ternyata jauh lebih menderita dibanding kehilangan harta di dunia. Celakanya, orang yang bangkrut di Akhirat akan dilemparkan ke neraka karena pahala kebaikannya habis akibat keburukan dosa-dosanya.

Nabi Muhammad SAW mengingatkan umatnya tentang ciri-ciri orang yang bangkrut ini dalam satu Hadis sahih. Beliau menyebutnya sebagai orang “muflis”. Berikut sabda beliau:

قاَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَتَدْرُوْنَ مَاالْمُفْلِسُ؟ قَالُوا اَلْمُفْلِسُ فِيْنَا مَنْ لاَدِرْهَمَ لَهُ وَلاَ مَتَاعَ فَقَالَ إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِى يَأْْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلاَةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ وَيَأْتِى قَدْ شَتَمَ هَذَا وَقَذَفَ هَذَا وَأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ هِ فَإِنْ فُنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَ مَا عَلَيْهِ أُخِذَا مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِى النَّارِ

Artinya: “Rasulullah SAW bersabda: ‘Tahukah kalian siapakah orang yang muflis (bangkrut) itu? Para sahabat menjawab, ‘Orang yang muflis (bangkrut) di antara kami adalah orang yang tidak punya Dirham dan tidak punya harta.’ Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang muflis (bangkrut) dari umatku adalah orang yang datang pada hari Kiamat dengan (pahala) melaksanakan sholat, menjalankan puasa dan menunaikan zakat, namun ia juga datang (membawa dosa) dengan mencela si ini, menuduh si ini (memfitnah), memakan harta ini dan menumpahkan darah si ini serta memukul si ini. Maka akan diberinya orang-orang tersebut dari kebaikan-kebaikannya. Dan jika kebaikannya telah habis sebelum ia menunaikan kewajibannya, diambillah keburukan dosa-dosa mereka, lalu dicampakkan padanya dan ia dilemparkan ke dalam neraka.” (HR Muslim 4678)

Berikut 3 Perkara yang Menyebabkan Seseorang Bangkrut di Akhirat:

1. Mencela dan Memfitnah Orang LainMencela dan memfitnah merupakan kefasikan yang sangat dibenci Allah. Nabi juga pernah berpesan, “Bukanlah seorang mukmin, orang yang suka mencela, orang yang suka melaknat dan orang yang suka berkata-kata kasar dan juga berkata-kata kotor.” (HR At-Tirmidzi). Begitu juga perkara fitnah. Di era digital saat ini, banyak orang begitu mudah mencela, menuduh orang lain sesuka hatinya, melontarkan fitnah, menjelek-jelekkannya sehingga menjatuhkan orang lain. Padahal fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan (Al-Baqarah ayat 191). Perkara ini selain menyebabkan kekacauan, juga menimbulkan dampak buruk bagi orang lain. Orang yang mencela dan memfitnah orang lain, maka amal kebaikannya di Akhirat kelak akan berpindah kepada orang yang dicaci atau dizaliminya.

2. Memakan Harta Orang LainPerkara kedua yang menyebabkan seseorang bangkrut di Hari Akhirat adalah memakan harta orang lain. Ini termasuk perbuatan yang sangat zalim. Allah berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil.” (QS. An Nisa’: 29). Orang yang mengambil hak orang lain akan mengalami kesengsaraan di hari Kiamat. Dalam Hadis disebutkan, “Barangsiapa mengambil sejengkal tanah yang bukan haknya, niscaya ditenggelamkan ia pada hari Kiamat sampai ke dalam tujuh lapis bumi.” (HR Al-Bukhari)

3. Membunuh dan Menganiaya Orang LainPerlara ini juga wajib dijauhi umat muslim agar tidak menjadi orang yang bangkrut di Akhirat. Membunuh atau menumpahkan darah tanpa hak termasuk dosa besar. Allah berfirman: “Dan barangsiapa membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya dan mengutuknya serta menyediakan azab yang besar baginya (QS An-Nisa: 93). Orang-orang yang berbuat aniaya tidak akan mendapat keberuntungan. Di Akhirat nanti amal kebaikannya akan berpindah kepada orang yang dianiayanya dan menyebabkannya bangkrut hingga dilemparkan ke dalam neraka.

Na’udzubillahi min dzalik. Itulah tiga perkara yang wajib kita jauhi agar tidak tergolong orang-orang yang bangkrut di Akhirat. Semoga Allah melindungi kita dari perkara muflis ini.

Baca Juga: Sedihnya Amalan Segunung Tapi Bangkrut di Hari Kiamat, Ini Sebabnya

Wallahu A’lam

(rhs)

Sumber: kalam.sindonews.com

PERHATIAN: Kami tidak bertanggungjawab terhadap komentar yang diutarakan melalui platform ini. Ia adalah pandangan peribadi pemilik akaun dan tidak semestinya menggambarkan pendirian sidang redaksi kami. Segala risiko akibat komen yang disiarkan menjadi tanggungjawab pemilik akaun sendiri.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img

Tentang Blog

TRENDING LAGI