23.8 C
Kuala Lumpur
Saturday, February 4, 2023
spot_img

5 Tips Menabung untuk Umroh pada Usia Muda

loading…

Tips menabung untuk umroh pada usia muda perlu diawali dengan niat yang kuat. Kekuatan niat ini menjadi penentu segala usaha.

Jika sudah ada niat, maka motivasi akan terbangun untuk mewujudkan cita-cita menunaikan ibadah Umroh ke Tanah Suci. Bagi Anda yang ingin menunaikan Umrah, jangan lupa niatkan karena Allah supaya diberi kemudahan.

Ada beberapa tips dan cara yang dapat dilakukan agar dapat menunaikan Umrah di usia muda. Selain niat yang kuat, Anda harus siap menabung menyisihkan uang penghasilan.

Untuk diketahui, ibadah haji hukumnya wajib (fardhu ‘ain) bagi setiap muslim yang mukallaf dan mampu. Adapun Umroh menurut Mazhab Hanafi dan Maliki hukumnya sunnah. Sedangkan pendapat Mazhab Syafi’i dan Hambali mengatakan Umrah hukumnya wajib minimal sekali seumur hidup.

Rukun ibadah haji dan Umroh hampir sama. Yang membedakannya, ibadah Umroh tidak ada wukuf di Arafah, tidak mabit di Muzdalifah dan tidak bermalam di Mina untuk melontar jamarat.

Keutamaan UmrohAgar semakin termotivasi untuk menunaikan Umrah, ada baiknya mengetahui keutamaan ibadah yang satu ini. Dalam Hadis disebutkan beberapa keutamaannya:

Dari Abu Hurairahradhiyallahu ‘anhu, bahwa RasulullahSAW bersabda:

العمرةُ إلى العمرةِ كفَّارَةٌ لمَا بينَهمَا ، والحجُّ المبرورُ ليسَ لهُ جزاءٌ إلا الجنَّةُ

Artinya: “Antara satu Umroh dengan umrah berikutnya terdapat penghapusan dosa-dosa di antara keduanya. Haji yang mabrur, tidak ada pahala bagi pelakunya, melainkan surga.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda mengenai Umroh yang dilakukan Sayyidah ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha:

عن عائشة رضي الله عنها ، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال لها في عمرتها : إن لك من الأجر على قدر نصبك ونفقتك

Artinya: “Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Rasulullah bersabda kepada Aisyah tentang umrahnya, ‘Sesungguhnya kamu mendapat pahala sesuai kadar kesulitan dan pengorbananmu.” (HR Hakim)

Rasulullah SAW juga bersabda: “Apabila datang bulan Ramadhan, lakukanlah Umroh, karena Umroh di bulan Ramadhan senilai haji bersamaku.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Berikut tips menabung untuk Umroh di usia muda:

1. Hadirkan Niat yang IkhlasKeberhasilan setiap usaha tegantung pada niatnya. Karena Umrah termasuk ibadah yang dicintai Allah, maka berniatlah dengan ikhlas mengharap ridha Allah. Dalam satu riwayat, Rasulullah SAW bersabda: “Setiap perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan.” (HR Al-Bukhari). Kemudian tanamkan niat menabung dari sekarang agar bisa Umrah di usia muda.

2. Mulailah Berhemat Agar Bisa MenabungTips kedua setelah berniat, mulailah berhemat dalam setiap pengeluaran. Menerapkan gaya hidup hemat akan memudahkan kita untuk menabung. Kurangi belanja yang tidak perlu dan buatlah skala prioritas. Memulai kebiasaan menabung dan hidup hemat ini termasuk bagian dari Jihad.

3. Sisihkan Uang Rp100 Ribu Setiap BulanTips ketiga ini cukup ampuh terutama bagi yang mempunyai penghasilan kecil. Cara ini juga bisa dilakukan para pelajar atau kalangan milenial. Yaitu dengan menyisihkan uang Rp100 ribu setiap bulannya. Dalam kata lain, menabung dengan besaran tetap secara disiplin. Tahukah Anda, jika sekarang berusia 15 tahun menabung Rp100 ribu perbulan, maka pada usia 30 tahun insya Allah bisa menunaikan Umroh.

Atau bagi Anda karyawan yang memiliki penghasilan di atas Rp5 juta sebulan. Anda bisa menabung dengan menyisihkan Rp1 juta setiap bulannya. Jika ini konsisten (sebulan Rp1 juta) maka hanya dalam waktu 2,5 tahun, Anda sudah bisa menunaikan Umroh ke Tanah Suci.

4. Menabung pada Perusahaan Penyelenggara Haji dan UmrohCara lain agar bisa umroh yaitu dengan cara menabung pada perusahaan penyelenggara haji dan umroh. Silakan mencari tahu perusahaan atau travel haji umrah yang tepat agar bisa membantu Anda untuk menabung. Sebelum memutuskan menabung di perusahaan penyelenggara Umroh, pastikan perusahaan tersebut terpercaya dan punya track record yang bagus.

5. Manfaatkan Pembiayaan UmrohCara lain yang bisa Anda lakukan agar bisa umroh di usia dini adalah memanfaatkan layanan jasa pembiayaan umroh. Saat ini hampir semua bank Syariah memiliki layanan pembiayaan umroh. Pembiayaan ini sering disebut dengan kredit tanpa agunan umroh. Anda bisa memanfaatkan dana talangan Umroh yang disediakan lembaga keuangan atau bank Syariah ini. Fasilitas yang ditawarkan biasanya dengan akad sewa menyewa (ijarah) untuk membantu nasabah mewujudkan niat ibadah umroh.

Baca Juga: Alasan Haji dan Umroh Wajib Sekali Seumur Hidup

Wallahu A’lam

(rhs)

Sumber: kalam.sindonews.com

PERHATIAN: Kami tidak bertanggungjawab terhadap komentar yang diutarakan melalui platform ini. Ia adalah pandangan peribadi pemilik akaun dan tidak semestinya menggambarkan pendirian sidang redaksi kami. Segala risiko akibat komen yang disiarkan menjadi tanggungjawab pemilik akaun sendiri.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img

Tentang Blog

TRENDING LAGI