23.8 C
Kuala Lumpur
Saturday, February 4, 2023
spot_img

Ayat Al-Qur’an yang Mengisahkan Nabi Isa akan Turun Kembali pada Hari Kiamat

loading…

Ayat Al-Qur’an yang mengisahkan Nabi Isa alaihissalam akan turun kembali pada Hari Kiamat secara spesifik terdapat pada Surat An-Nisa ayat 159. Sedangkan kisah tentang dan kondisi Nabi Isa sebelum turun ke bumi pada Hari Kiamat terdapat pada Surat An-Nisa ayat 157-158.

Keterangan tersebut disampaikan dalam buku ” Dahsyatnya Hari Kiamat ” karya Ibnu Katsir. Selain ayat, juga ada beberapa hadis yang menceritakan menceritakan turunnya Nabi Isa as ke bumi sebelum kiamat datang.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَقَوْلِهِمْ إِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيحَ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُولَ اللَّهِ وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَٰكِنْ شُبِّهَ لَهُمْ ۚ وَإِنَّ الَّذِينَ اخْتَلَفُوا فِيهِ لَفِي شَكٍّ مِنْهُ ۚ مَا لَهُمْ بِهِ مِنْ عِلْمٍ إِلَّا اتِّبَاعَ الظَّنِّ ۚ وَمَا قَتَلُوهُ يَقِينًا

بَلْ رَفَعَهُ اللَّهُ إِلَيْهِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَزِيزًا حَكِيمًا

“Dan (Kami hukum juga) karena ucapan mereka: “Sesungguhnya, kami telah membunuh al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah.” Padahal, mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh adalah) orang yang diserupakan dengan Isa. Sesungguhnya, mereka yang berselisih pendapat tentang (pembunuhan) Isa selalu dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka benar benar tidak tahu (siapa sebenarnya yang dibunuh itu), melainkan mengikuti persangkaan belaka, jadi mereka tidak yakin telah membunuhnya. Akan tetapi, Allah telah mengangkat Isa ke hadirat Nya. Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.” ( QS An-Nisa: 157-158 )

Baca juga: Gambaran Tatkala Dajjal Turun ke Bumi dan Ketika Nabi Isa Memimpin

Dilanjutkan pada ayat 159:

وَاِنۡ مِّنۡ اَهۡلِ الۡكِتٰبِ اِلَّا لَيُـؤۡمِنَنَّ بِهٖ قَبۡلَ مَوۡتِهٖ‌ ۚ وَيَوۡمَ الۡقِيٰمَةِ يَكُوۡنُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا‌

“Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka,”(QS An-Nisa 159)

Ibnu Jarir berkata mengenai tafsir ayat di atas, “Ibnu Yasar menuturkan kepada kami, Sufyan bercerita kepada kami dari Abu Hushain, dari Abu Said, dari Jubair, dari Ibnu Abbas: “Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya’.” (QS An-Nisa’: 159)

Ia mengatakan, “Sebelum kematian Isa bin Maryam.” Isnad ini sahih. Demikian juga al-Aufi menuturkan hadis tersebut dari Ibnu Abbas.

Apakah Nabi Isa meninggal dunia atau diangkat ke langit dalam keadaan hidup?

Abu Malik berkata bahwa maksud ayat “Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya,” (QS An-Nisa'”: 159) ini terjadi ketika turunnya Isa bin Maryam. Tidak ada seorang pun Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya.

Al Hasan al Bashari berkata bahwa “Tidak ada serang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya,” (QS An-Nisa’: 159) maksudnya, sebelum turunnya Isa bin Maryam. Demi Allah, sesungguhnya sekarang ini Isa masih hidup di sisi Allah dan ketika ia turun, semua orang beriman kepadanya. (HR Ibnu Jarir)

Sementara Ibnu Abi Hatim meriwayatkan darinya bahwa seseorang bertanya kepada al Hasan mengenai firman Allah subhanahu wa ta’ala tentang Surat An-Nisa’ ayat 159. Ia menjawab, “Menjelang kematian Isa. Sesungguhnya, Allah SWT mengangkat Isa ke hadirat-Nya.

Dia juga yang akan membangkitkannya menjelang Kiamat di satu tempat yang membuat orang baik dan jahat beriman kepadanya.”

Demikian juga dikatakan oleh Qatadah bin Da’amah, Abdurrahman bin Zaid bin Aslam dan lainnya, dan hadis ini terdapat dalam Ash Shahihain dari Abu Hurairah sebagaimana akan dijelaskan secara mauguf dan dalam riwayat marfu’an. Wallahu a’lam.

Maksud dari konteks ini, yaitu berita mengenai kehidupan Isa sekarang di langit. Tidak seperti yang diklaim oleh Ahli Kitab yang mengatakan bahwa mereka telah menyalibnya, “tetapi Allah telah mengangkat Isa ke hadirat-Nya.”

Selanjutnya, Isa turun dari langit menjelang Kiamat sebagaimana ditunjukkan oleh berbagai hadis mutawatir dalam hadis-hadis tentang Dajjal dan sebagaimana.

Sumber: kalam.sindonews.com

PERHATIAN: Kami tidak bertanggungjawab terhadap komentar yang diutarakan melalui platform ini. Ia adalah pandangan peribadi pemilik akaun dan tidak semestinya menggambarkan pendirian sidang redaksi kami. Segala risiko akibat komen yang disiarkan menjadi tanggungjawab pemilik akaun sendiri.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img

Tentang Blog

TRENDING LAGI