23.8 C
Kuala Lumpur
Saturday, February 4, 2023
spot_img

Inilah Dosa Jariyah yang Dianggap Biasa Kaum Muslimah

loading…

Masih banyak kaum wanita muslimah yang menyepelekan dosa-dosa jariyah , bahkan menganggap hal tersebut sebagai hal biasa saja. Seperti diketahui bahwa dosa jariyah adalah dosa yang terus mengalir meskipun pemiliknya sudah meninggal.Seperti apa bentuk dosa jariyah yang sering disepelekan kaum wanita ini?

Sebagai seorang muslimah, ada beberapa hal yang harus direnungi dalam setiap perbuatan yang dilakukannya. Bisa jadi, kala dia tidur, ternyata malaikat selalu mencatat dosa untuknya. Dia sedang shalat, tapi malaikat tetap mencatat dosa untuknya.

Baca juga: Dosa Jariyah dan Contohnya yang Harus Diwaspadai Umat Muslim

Dia sedang makan, belajar, kerja, tapi malaikat juga tetap mencatat dosa untuknya. Lalu ketika diam, tapi malaikat masih juga mencatat dosa untuknya. Bahkan ketika dia sudah meninggal, malaikat terus mencatat dosa untuknya. Kenapa demikian? Semua terjadi karena dosa jariyah yang dilakukannya.

Seperti apa bentuk dosa jariyah ini? Bisa jadi, dosa itu disebabkan atas unggahan foto yang ia publikasikan. Semakin banyak mata laki-laki bukan mahram yang melihat foto itu, semakin bertumpuk dosa yang dibebankan padanya. Semakin banyak laki-laki bukan mahram yang tertarik dengan kecantikannya di foto itu, semakin besar pula dosa yang ditimpakan untuknya. Semakin banyak pandangan lelaki yang tergiur dengan foto di medsos itu (jika sengaja pamer kecantikan/keindahan tubuh dan tampil menggoda) semakin bertumpuk pula dosa-dosanya.

Semakin sang lelaki mengkhayalkan, semakin berhasrat dengannya maka semakin bertumpuk pula dosa-dosanya. Janganlah seorang muslimah menyangka senyumannya yang dia tebarkan secara sembarangan tidak akan ada pertanggungjawabannya kelak. Bisa jadi senyumannya itu sekejap menjadi bahan lamunan seorang lelaki yang tidak halal bagimu selama berhari-hari apalagi keelokan tubuhnya.

Bayangkanlah, betapa bertumpuk dosa-dosa para artis dan penyanyi yang auroatnya diumbar di hadapan ribuan bahkan jutaan para lelaki. Jika muslimah menjaga kecantikannya dan kemolekan tubuhnya hanya untuk suaminya maka dia kelak akan semakin cantik dan semakin molek di surga Allah Ta’ala.

Akan tetapi jika muslimah mengumbar kecantikannya dan kemolekannya maka ingatlah itu semua akan sirna dan akan lebur di dalam liang lahat menjadi santapan cacing dan ulat. Dan di akhirat kelak bisa jadi berubah menjadi bahan bakar neraka jahannam! Naudzubilah mindzalik!

Apa dasar atau dalil yang membuat perbuatan tersebut adalah dosa-dosa jariyah? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa dalil-dalilnya, yakni :

1. Allah Ta’ala melarang wanita menampakkan kecantikannya kecuali pada suami dan mahramnya.

“Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka.” (QS An-Nūr : 31)

2. Allah Ta’ala melarang wanita berhias kecuali untuk suami dan mahramnya.

“..dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah dahulu.” (Al-ahzab: 33).

3. Allah Ta’ala menjadikan wanita sebagai ujian terbesar bagi pria.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَآءِ وَالۡبَـنِيۡنَ وَالۡقَنَاطِيۡرِ الۡمُقَنۡطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالۡفِضَّةِ وَالۡخَـيۡلِ الۡمُسَوَّمَةِ وَالۡاَنۡعَامِ وَالۡحَـرۡثِ‌ؕ ذٰ لِكَ مَتَاعُ الۡحَيٰوةِ الدُّنۡيَا ‌ۚ وَاللّٰهُ عِنۡدَهٗ حُسۡنُ الۡمَاٰبِ

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.” (QS. Al-Imran: 14).

“Aku tidak meninggalkan satu fitnah pun yang lebihm membahayakanpara lelaki selain fitnah wanita.” (HR. Bukhari).

Karena suka mengumbar dan membuka aurat dirinya di medsos itulah, tanpa disadarinya malaikat terus mencatatkan dosa jariyah untuknya.

Seperti dijelaskan dalam hadis ini: “Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya (HR. Muslim)

Baca juga: Hati-hati, Inilah Perbuatan yang Dikategorikan Dosa Jariyah

Wallahu’Alam

(wid)

Sumber: kalam.sindonews.com

PERHATIAN: Kami tidak bertanggungjawab terhadap komentar yang diutarakan melalui platform ini. Ia adalah pandangan peribadi pemilik akaun dan tidak semestinya menggambarkan pendirian sidang redaksi kami. Segala risiko akibat komen yang disiarkan menjadi tanggungjawab pemilik akaun sendiri.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img

Tentang Blog

TRENDING LAGI