25 C
Kuala Lumpur
Saturday, January 28, 2023
spot_img

Nama Nabi Isa dalam Beberapa Bahasa dan Ciri-cirinya

loading…

Nama Nabi Isa ‘alaihissalam dalam beberapa bahasa menarik untuk diketahui. Dalam perspektif Islam, Nabi Isa merupakan seorang Rasul Allah yang diutus untuk Bani Israil.

Beliau termasuk satu dari lima Rasul bergelar ‘Ulul Azmi, yaitu Rasul yang sabar dan tabah mendakwahkan ajaran Allah. Dalam Al-Qur’an, nama Nabi Isa disebut sebanyak 25 kali, disebut Al-Masih 11 kali, disebut Ibnu Maryam sebanyak 23 kali.

Kisahnya diabadikan dalam Surat Ali ‘Imran ayat 49-55: Surat Al-Ma’idah ayat 110-118; Surat Maryam ayat 24-36. Dalam Alkitab, kisahnya disebutkan dalam Injil Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes. Namun, terkait kelahirannya, masing-masing agama memberikan argumennya sendiri.

Terkait sosok Nabi Isa, Yahudi menganggapnya Nabi/Mesias palsu yang menyesatkan Bani Israil. Sementara pandangan Kristen menganggap bahwa Isa Almasih atau lebih dikenal Yesus Kristus adalah Tuhan dan salah satu dari Trinitas (Allah Anak) serta juru selamat mereka.

Ciri-ciri Nabi Isa Tentang ciri-ciri Nabi Isa ‘alaihissalam disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam beberapa Hadis. Nabi Isa sosoknya berpostur tubuh sedang, berdada bidang, kulitnya kemerah-merahan seperti baru keluar dari pemandian. (HR Al-Bukhari, Muslim)

Dalam riwayat Ibn Abbas, kulit Nabi Isa ibn Maryam yang dilihat oleh Rasulullah SAW ketika Isra Mi’raj adalah putih kemerahan (al-hamrah wal bayadh).

Nabi Isa bin Maryam dengan kulit putih kemerahan inilah yang nanti pada akhir zaman turun ke bumi.Hal ini diketengahkan dalam Hadis Mustadrak Al-Hakim:

إن روح الله عيسى ابن مريم نازل فيكم فإذا رأيتموه فاعرفوه رجل مربوع إلى الحمرة و البياض عليه ثوبان ممصران كان رأسه يقطر و إن يصبه بلل فيدق الصليب و يقتل الخنزير و يضع الجزية و يدعو الناس إلى الإسلام فيهلك الله في زمانه المسيح الدجال و تقع الأمنة على أهل الأرض حتى ترعى الأسود مع الإبل و النمور مع البقر و الذئاب مع الغنم و يلعب الصبيان مع الحيات لا تضرهم فيمكث أربعين سنة ثم يتوفى و يصلي عليه المسلمون

Artinya: “Sesungguhnya ruhullah, Isa akan turun di tengah-tengah kalian. Maka jika kalian melihatnya, maka kenalilah dia. Dia adalah berkulit putih kemerah-merahan dan mengenakan dua baju, seakan kepalanya meneteskan air dan basah. Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghapuskan hukum jizyah dan menyeru manusia pada Islam, membinasakan Dajjal dan meletakkan amanah (keamanan) di atas muka bumi sehingga singa dengan unta bergembala bersama, singa dengan sapi, serigala dengan kambing dan anak kecil bermain ular, tidak membahayakan mereka. Nabi Isa akan menetap 40 tahun, kemudian meninggal dan disholati oleh kaum muslimin.”

Nama Nabi Isa dalam Beberapa BahasaAda beberapa pendapat mengenai nama Nabi Isa. Mengutip “Catholic Encyclopedia: The Name of Jesus Christ” menyatakan bahwa nama Ibrani (ישע) Yesyua’ atau Y’syua’ merupakan nama asli Isa. Nama ini disebut merupakan kependekan dari (יהושע) Yehosyua’.

Klemens dari Aleksandria dan Sirilus dari Yerusalem berpendapat bahwa nama Yunani (‘ησοῦς Iēsous) merupakan nama asli Isa dan nama ini bukan turunan dari bentuk Ibraninya.

Pendapat lain yang dikutip dari Jennings dan The Encyclopaedia Brittanica (1911) 11th Edition menyatakan nama asli Isa menggunakan nama Aram (ܝܫܘܥ), dibaca Yesyu’ dalam dialek Suryani Barat atau Isyo’ dalam dialek Suryani Timur, mengingat dia tumbuh dan berdakwah utamanya dengan bahasa Aram.

Sedangkan Nama Yesus yang digunakan umat Kristen diturunkan dari nama Yunani Iēsous. Umat Kristen Arab menyebut Isa dengan (يسوع) atau Yasuu’ yang diturunkan dari Yesyua’ dengan perubahan fonetik (Reynolds 2007, hlm235).

Yasuu’ digunakan sejak sebelum masa Islam dan dan digunakan pada masa-masa setelahnya (Beaumont 2005, hlm175). Isa juga digunakan oleh beberapa kelompok Kristen di negara-negara Muslim.

Dalam Al-Qur’an, Kisah Nabi Isa dimulai dari kelahiran Maryam, putri dari Imran, berlanjut dengan tumbuh kembangnya dalam asuhan Nabi Zakariya, serta kelahiran Nabi Yahya. Kemudian Al-Qur’an menceritakan keajaiban kelahiran Nabi Isa sebagai anak (putra) Maryam tanpa ayah. Berikut firman Allah:

اِذۡ قَالَتِ الۡمَلٰٓٮِٕكَةُ يٰمَرۡيَمُ اِنَّ اللّٰهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِّنۡهُ ۖ اسۡمُهُ الۡمَسِيۡحُ عِيۡسَى ابۡنُ مَرۡيَمَ وَجِيۡهًا فِى الدُّنۡيَا وَالۡاٰخِرَةِ وَمِنَ الۡمُقَرَّبِيۡنَۙ

Artinya: “(Ingatlah), ketika para Malaikat berkata, “Wahai Maryam! Sesungguhnya Allah menyampaikan kabar gembira kepadamu tentang sebuah kalimat (firman) dari-Nya (yaitu seorang putra), namanya Al-Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat, dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).” (QS. Ali ‘Imran Ayat 45)

Nabi Isa disebut dengan “kalimat Allah”, sebagai pemberitahuan tentang proses penciptaannya yang berbeda dengan kejadian manusia biasa. Nabi Isa dinamai Al-Masih yang merupakan gelar istimewa (raja). Karena kata Almasih dalam Taurat dan Injil berarti “yang disapu atau yang diminyaki”. Menyapu dan meminyaki itu adalah satu ketentuan dalam adat istiadat mereka bahwa siapa yang telah disapu dengan minyak suci oleh kepala agama, maka dia sudah menjadi suci pula, cakap untuk memegang kerajaan, memiliki ilmu pengetahuan dan kekuasaan, lagi mendapat berkah.

Di sini Allah, menunjukkan bahwa Isa, senantiasa mendapat berkah walaupun belum pernah disapu dengan minyak suci itu. Ada pula yang mengatakan bahwa nama Isa berasal dari kata Yunani “Yasu”, artinya yang diselamatkan, yang terpilih.

Berikut nama Nabi Isa dalam beberapa bahasa:1. Jesus Christ, Messiah (Bahasa Inggris) 2. Yesus Kristus, Mesias (Indonesia)3. Yeshua, Yesu’a, Yeshu’a, Yehoshu’a, Masiaḥ (Ibrani atau Ivrit)4. M’sheekha (Aram), Məšîḥā (Aram/Syria)5. Isha, Isho, Mar Isho, Eesho, Easho, Ishu (Aram dan India)6. Isa Al-Masih, Isa ibnu Maryam (Arab)7. Isha Masih, Issa Mashiha, Hazrat Issa, Issa (India)8. Yuzu Asaph, Yuz Asaf (India-Kashmir)9 . Yesu, Yeshu (Ibrani)10. Iēsous Christos (Yunani).

Baca Juga: Kontroversi Kelahiran Nabi Isa, Begini Pendapat Islam dan Nasrani Wallahu A’lam

(rhs)

Sumber: kalam.sindonews.com

PERHATIAN: Kami tidak bertanggungjawab terhadap komentar yang diutarakan melalui platform ini. Ia adalah pandangan peribadi pemilik akaun dan tidak semestinya menggambarkan pendirian sidang redaksi kami. Segala risiko akibat komen yang disiarkan menjadi tanggungjawab pemilik akaun sendiri.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img

Tentang Blog

TRENDING LAGI